Kamis, 04 Desember 2008

Warna Umpan dan Timing Macing Galatama


Warna Umpan dan Timing Mancing yang Pas ikan Galatama empang

Beberapa pakar mancing termasuk pakar biolagi menyebut bahwa ikan mas dan sebangsanya ikan lainnya buta warna alias melihat sesuatu hitam, putih, kelabu. Lastas apa gunanya warna-warni pada umpan ? terutama umpan mancing laut yang buatannya berwana-warni.
Sebenarnya, warna umpan tadi bila di konversi ke mata ikan akan menghasilkan pendar warna kelabu yang berbeda. Jadi bila kita persempit ke ikan mas galatama mungkin dipercaya warna umpan yang dipakai apakah merah, hijau, coklat itu kebetulan disukai ikan. Jadi hal itulah yang menyebabkan warna umpan berpengaruh pada dimakan atau tidaknya umpan yang dilemparkan pemancing.
Selain umpan, tentunya kita harus tahu waktu atau timing yang tepat saat mancing. Berikut ini adalah urutan-urutan ikan galatama dalam menanggapi umpan :

Getaran (selanjutnya disebut suara) terjadi pada saat umpan dijatuhkan, Suara inilah yang menjadi daya tarik utama ikan yang lapar. Tentunya hal ini tidak berlaku pada ikan mas liar yang hidup dihabitat alami. Selain itu, suara ini juga berlaku bagi ikan mas besar atau ikan mas yang dekat lapak pemancing. Hal itu disebabkan karena getaran yang berlebihan malah akan membuat lari ikan tersebut.

Warna seperti disebut diatas dipercaya sebagai warna makanan yang biasanya dimakan siikan. Pemilahan warna umpan akan berbeda tidak saja dari empang satu ke empang lain bahkan pada satu empang galatama dengan lapak yang berbeda. Memilih warna umpan tentunya disesuaikan dengan karakteristik empang tempat mancing. Untuk empang yang sering dikunjungi tentu mudah menentukan warna umpan yang sesuai. Namun untuk empang yang baru mania datangi tentunya agak sulit untuk menentukan warna umpan yang cocok alias warna pelet atau hijaunya essence pandan. Kecuali untuk empang non galatama (isi ikan baru), coba pilih warna umpan kuning-nya ubi atau putih-nya kroto.

Bau atau Aroma
Aroma yang disukai ikan mas galatama dapat bermacam-macam. Banyak faktor yang mempengaruhi kita dalam memilih aroma umpan., bila anda sering mancing hanya di satu empang galatama saja, nantinya anda akan hafal ikan mana yang memakan umpan tersebut.. Untuk empang yang berwarna kecoklatan sebaiknya gunakan umpan berbahan dasar ubi, namun bila airnya berwarna kehiajuan umpan berbahan dasar pelet biasanya akan lebih baik. Untuk empang biasa pelet yang diaduk dengan tuna kaleng sudah cukup memadai. Bila siang hari ikan berhenti makan, hal ini sudah umum artinya bukan karena ikan tidak mau memakan umpan melainkan ikan sedang dalam keadaan kenyang dan panas matahari yang mengurangi kadar oksigen dalam air.
Ikan mas cenderung makan terus alias galak terutama pagi hari saat lomba dimulai dan sore hari saat terik mulai menurun. Kecendrungan makan ikan mas sangat dipengaruhi kondisi air dan cuaca. Saat hujan pun ikan mas cendrung galak apalagi jika saat hujan berhenti diikuti keluarnya mentari yang kembali menghangatkan air
Sumber,
.dedy/www.hatma.info
.Tabloid mancing

Tidak ada komentar: