Kamis, 06 November 2008

Popping


Popping


Istilah popping awalnya adalah istilah buat umpan kayu yg dibentuk menyerupai ikan kecil yang berenang-renang di atas permukaan laut lalu dimainkan oleh pemancing itu dengan cara melempar sekuat-kuatnyanya umpan kayu itu (popper) ke lokasi-lokasi hot spot di mana ikan predator mencari mangsa ,kemudian setelah umpan kayu tersebut jatuh di atas permukaan laut maka pemancing tadi memainkan umpan tersebut dengan cara menghentak-hentak joran dan terjadilah cipratan air yang berbunyi pop pop pop…membuat ikan predator di bawah menyerang umpan kayu tersebut dan strike hook up lalu pemancing tersebut fight dengan sang ikan sampai berhasil dinaikkan di atas kapal ikan tersebut,itulah arti kata popping. Untuk di Indonesia sendiri tehnik memancing ini sedang Boming dan sedang di gandrungi oleh pemancing-pamancing lokal dikarenakan sensasi gabungan antara Olah Raga dan sensasi akan ikan besar yang terpancing oleh para pemancing. Untuk di Indonesia sendiri tehnik ini dipopulerkan oleh Master mancing Indonesia Bp.Adhek Amerta-Bali sewaktu dengan seringnya mengantar para pemancing dari Jepang untuk memancing di Bali menaklukkan kuwe gerong (giant trevally) yang memang di negara mereka tehnik ini lebih awal nge-trend di negara Sakura sana. Dari interaksi seringnya mancing bersama orang-orang Jepang itulah membuat Adhek Amerta semakin mencintai mancing popping. Kecintaannya terhadap mancing popping itulah membuat Adhek Amerta berkreasi untuk menciptakan umpan-umpan popper dan sekarang ini umpan poppernya merebak di berbagai Negara.







Foktor ketahanan Fisik dari si pemancing popping sangat menentukan dikarenakan unsur olah raganya sangat dominan sekali, dikarenakan tehnik ini tarik-ulur lempar umpan popper harus sesering mungkin guna menciptakan riakan air agar tercipta riak air seperti ikan-ikan hidup umpan terluka guna menarik ikan predator untuk memburu umpan popper tersebut. Adapun perlengkapan standard untuk tehnik memancing ini diperlukan sebuah joran pancing dengan panjang kurang lebih 2 meter minim menggunakan 2 sambungan dan tidak boleh menggunakan joran antena karena foktor ketahanan dari joran sangat menentukan apabila sering melempar popper dan kondisi strike dengan ikan predator menuntut Joran dan Reel pancing anda dalam kondisi prima. Umpan popper sebaiknya sebelum kita menggunakan diharuskan untuk cek seteliti mungkin kondisi dari mata kail agar dijaga setajam mungkin agar ikan target tidak terlepas pada waktu hook-up memakan popper. Untuk tali leader sangat dianjurkan menggunakan diameter yang lebih besar dari tali utama dikarenakan kebiasaan ikan akan berlari ke arah karang setelah hook-up memakan popper dan tali leader akan bergesekan dengan karang.
Tumbuhnya mancing popping paling tidak menghapus pandangan minus terhadap mania mancing bahwa kegiatan mancing ikan hanya kegiatan malas. Justru sebaliknya bahwa mancing popping adalah mancing yang sarat dengan unsur olahraga.

Salam,
Team Support Tar-Tar Fishing Brigade

Tidak ada komentar: